Agar Pelanggan Anda Tetap ‘Lengket’

Agar Pelanggan Anda Tetap ‘Lengket’ – Menjaga hubungan komunikasi dengan pelanggan adalah penting. Dan kesuksesan kita dalam berkomunikasi dengan pelanggan akan membawa kesuksesan pada bisnis kita. Apalagi untuk bisnis jasa, yang sangat perlu dijaga kepercayaan pelanggannya. Beberapa tips agar pelanggan bisa terus berkomunikasi dan menjaga kepercayaan bisnis dengan kita:

  1. Pelanggan bukanlah target penjualan anda. Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan adalah lebih penting dibanding menjadikan mereka target penjualan anda. Jika hubungan kita baik maka apapun yang kita tawarkan, mereka akan lebih membeli dari kita.
  2. Berkomunikasi dengan pelanggan tidak harus selalu berjualan. Batasi percakapan dengan selalu menawarkan produk/jasa anda. Bercakaplah hal-hal yang memberikan pelanggan anda mendapatkan manfaat untuk mereka. Percakapan yang berarti dan memberikan solusi kepada pelanggan, membuat pelanggan akan percaya dan melirik untuk membeli produk/jasa anda.
  3. Jadikan pelanggan anda sahabat. Persahabatan yang bermanfaat akan menghasilkan kepercayaan yang tinggi. Berhubungan dengan pelanggan sebaiknya menjadikan mereka sahabat dan teman anda, yang memberikan solusi untuk mereka.
  4. Jadilah pendengar terbaik. Berkomunikasi dengan pelanggan, 90% adalah mendengarkan apa yang mereka sampaikan. Pelanggan akan bercakap apa yang mereka hadapi dan butuhkan. Selebihnya anda hanya memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhannya.
  5. Namun perlu diingat, dalam memberikan solusi, anda bukanlah orang satu-satunya yang dapat memberikan solusi kepada pelanggan. Pelanggan tentu juga akan mempertimbangkan dan mencari pembanding. Tetaplah menjaga komunikasi dan utamakan “emotional benefit” yang bisa anda berikan kepada pelanggan anda.
  6. Menjaga komunikasi yang terbaik adalah dengan memberikan apa yang anda janjikan. Berikanlah apa pun yang telah anda janjikan, sedikit ingkar janji kepada pelanggan, fatal akibatnya untuk bisnis anda.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

%d bloggers like this: