Beberapa Tips Wirausaha

Beberapa Tips Wirausaha

  1. Keberhasilan adalah soal memilih
    Dalam hidup ini sebenarnya sedikit sekali peristiwa yang dinamakan accident (Kecelakaan, store kebetulan). Sukses atau tidaknya suatu usaha adalah soal memilih. Rumus-rumus yang didapat dibangku sekolah membantu kita untuk mengambil keputusan, yaitu memilih.
  2. Bersainglah dengan konsep
    Bersaing dengan konsep adalah bersaing dengan kecerdasan, yakni apa yang hendak anda konsepkan dari produk anda. Jika bersaing dengan produk, maka anda akan terperangkap pada adu fungsi. Selama bersaing dengan produk, pesaing-pesaing anda akan mudah melampaui produk anda.
  3. Carilah struktur biaya yang rendah
    Harga sebuah produk relatif sama karena ditentukan oleh harga pasar. Yang membedakan adalah struktur biaya. Masing-masing orang membeli bahan baku dari sumber yang berbeda-beda dengan cara yang tidak sama.
  4. Gunakanlah Teknologi, Jangkau dari sini
    Anak-anak muda zaman sekarang memiliki kelebihan-kelebihan dan kenikmatan-kenikmatan yang lebih besar dibandingkan generasi diatasnya, teruatama dalam aspek teknologi informasi. Internet telah membuat dunia menjadi datar. Pasar dalam dunia maya berbeda dengan pasar riil.
  5. Tidak ada jalan pintas
    Salah satu masalah besar yang mengganggu keberhasilan wirausaha-wirausaha muda adalah godaan untuk cepat sukses. Namun tidak ada jalan pintas untuk meraih keberhasilan siapapun yang cepat mencapai sesuatu biasanya cepat kandas pula. Tali-tali pengikat dan papan cor saat membuat fondasi gedung belum bisa dilepas sebelum benar benar adonan beton melekat dan kering.
  6. Entrepreneurship DNA
    “Bagaimana saya bisa  menjadi entrepreneur, saya lahir saja sudah dikelilingi brang-barang dagangan orangtua”, kata Ir. Ciputra. Diusia kanak-kanaknya Ciputra menyaksikan sendiri bagaimana orangtuanya menyelesaikan transaksi, melakukan order, memenuhi janji dan seterusnya. Wirausaha bukanlah soal genetik, melainkan pada siapa anda mengekspos diri.
  7. Jangan kejar uang, kejarlah makna hidup
    Kesalahan besar setiap calon wirausahawan muncul saat ia beranggapan bahwa usaha dilakukan untuk mengejar kekayaan semata. Meski uang akan datang dan menemani wirausahawan sukses, bukan itu yang harus dikejar seorang wirausahawan sejati. Pertama-tama yang dikejar adalah makna. Kalau mengejar uang, anda tidak mendapatkan makna dan kehilangan uang. Kejar dan bangunlah makna, maka anda akan mendapatkan keduanya sekaligus.
  8. Bersahabat dengan ketidakpastian
    Banyak yang berfikir bahwa bisnis adalah kegiatan yang menguntungkan, penuh kekayaan. Kalau ada modal akan ada pengembalian keuntungan. Padahal kegiatan berbisnis adalah berselancar diantara gelombang-gelombang ketidakpastian. Semakin pasti sebuah bisnis, semakin kecil resiko yang anda hadapi, namun semakin kecil kemungkinan keuntungan yang anda raih. Demikian pula sebaliknya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: