Begini Cara Merawat Sepatu Agar Terlihat Baru

Sepatu wanita kulit dapat dijadikan sebagai pilihan yang nyaman dan trendi untuk berjalan-jalan. Tak hanya itu sepatu wanita kulit juga dapat digunakan menjadi pelengkap mode. Bahan kulit memiliki banyak jenis yang memiliki metode pembersihan yang berbeda. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui jenis bahan kulit yang digunakan.

New Iris

Perawatan Dasar Sepatu Boot
Untuk membersihkan dan merawat sepatu boots kulit agar senantiasa tampak baru, ikuti tips dasar perawatan sepatu boots wanita ini :

  • Kenali jenis bahan sepatu boots wanita anda. Hal ini sangat penting untuk merawat sepatu boots wanita sesuai dengan jenis bahanya. Ada bahan kulit yang sudah jadi ataupun setengah jadi. Umumnya untuk sepatu boots wanita mode yang digunakan untuk wanita dibuat dari kulit yang sudah jadi yang memiliki pelindung luar.
  • Untuk tes jenis kulit yang digunakan , bisa dilakukan dengan meneteskan sedikit pembersih kulit pada bagian permukaan sepatu. Jika cairan pembersih tetap diam diatas permukaan selama satu menit maka jenis kulit tersebut merupakan jenis kulit jadi. Namun jika cairan pembersih langsung terserap berarti sepatu tersebut berjenis kulit setengah jadi.
  • Jangan lupa untuk menggunakan biopolish leather care (atau lotion khusus sepatu kulit ) untuk digunakan sebagai semir sepatu boots wanita. Setelah sepatu boots bersih, oleskan biopolish leather care secara merata pada seluruh permukaan sepatu sepatu boots wanita. Selanjutnya diamkan sejenak agar lotion sepatu menyerap masuk kedalam substrat bahan kulit. Setelah itu gosok dengan kain halus yang bersih.
  • Setelah dipakai bepergian jangan lupa untuk membersihkan sepatu boots wanita anda dengan menggunakan sikat lembut. Tepuk-tepuk kotoran dengan sikat untuk menghilangkan kotoran. Pastikan jangan sampai sepatu boots wanita tergores saat membersihkan.

Membersihkan Sepatu Boots Dari Noda/Kotoran
Setelah anda mengetahui cara membersihkan dan merawat sepatu boots wanita kulit untuk perawatan dasar, selanjutnya berikut adalah cara membersihkan sepatu boot dari berbagai noda :

Jika sepatu boots wanita terkena noda bersifat kering seperti garam , silahkan gunakan campuran cuka dan air. caranya adalah dengan mencelupkan kain bersih kedalam larutan tersebut kemudian oleskan pada bagian yang terkena noda hingga noda hilang dan bersih. Kemudian kembali usapkan kain yang bersih untuk mengeringkan sisia air pada bagian yang kotor.

Jika sepatu boots wanita terkena noda minyak, gunakanlah tepung maizena untuk membersihkanya. Caranya bersihkan sisa-sisa minyak dengan ditutupi tepung maizena. Selanjutnya diamkan selama beberapa jam atau semaleman. Sikatlah tepung maizena tersebut dan bersihkan area yang kotor dengan air sabun. Usapkan kain yang dibasahi dengan sedikit air dan biarkan mengering.

Untuk menghilangkan goresan , bersihkan dengan menggunakan stik kapas dengan minyak zaitun. Stik kapas tersebut dimasukkan kedalam minyak zaitun dan gosok melingkar pada goresan hingga goresan tersamar. Bersihkan area tersebut dengan kain kering yang bersih.

Setelah selesai membersihkan sepatu boots wanita kulit jangan lupa untuk menggunakan biopolish leather care sebagai semir ataupun pelembab untuk sepatu boots wanita. Gunakan lotion khusus sepatu kulit 2/3 kali seminggu untuk hasil sepatu boots wanita selalu tampak baru.