Kelebihan dan Kekurangan CMS WordPress.org

WordPress.org adalah merupakan provider blog wordpress yang berupa cms. Apa itu cms, troche cms adalah singatan dari content management system. Ini adalah juga berupa penyedia aplikasi web berupa wordpress yang tentunya kita harus meletakkan kontruksi web atau file-file web ini dalam server kita sendiri atau sering dikenal dengan istilah hosting. Lalu bagaimana seseorang dapat mengakses web kita tersebut, click itulah makanya diperlukan yang namanya domain, story seperti misal www.panduanmenulis.com ini yang digunakan untuk mengakses web kita yang berada di server hosting. Bagaiman mendapatkan hosting dan domain itu sendiri, kita mendapatkan kedua tersebut dengan menyewanya pada jasa penyedia layanan web hosting. Penyewaan ini adalah istilah yang digunakan untuk  membeli domain dan hosting, kita diharuskan untuk melakukan perpanjangan dengan membayar penyewaan tersebut dengan jangka waktu tertentu, misal setahun,dua tahun dan sebagainya.

a. Kelebihan wordpress.org

  1. Kita dapat istall plugin secara bebas, dengan hosting yang kita miliki sendiri, kita akan lebih mudah dan bebas melakukan penginstalan plugin sesuai dengan kebutuhan kita.
  2. Dapat install themes secara bebas, kita dapat mengistall theme yang kita download, tentunya tema akan lebih menarik dibandinkan dengan tema standar bawaan wordpress.
  3. Tidak terikat oleh ketentuan wordpress, meskipun kita menggunakan aplikasi cms wordpress, kita tidak terikan dengan ketentuan wordpress.com namun kita hanya mengikuti ketentuan yang diberikan oleh penyedia webhosting kita.
  4. Lebih memiliki kredibilitas tinggi atau kepercayaan yang lebih baik ketimbang wordpress gratisan yang tidak bisa kita kostum domainnya.

b. Kekurangan wordpress.org

  1. Harus melakukan instalasi wordpress sendiri pada hosting.
  2. Membayar domain, melakukan pembayaran domain perjangka waktu tertentu misal pertahun.
  3. Membayar hosting, melakukan pembayaran hosting perjangka waktu tertentu pula beserta domain.

Leave a Reply