Pertanyaan yang Sering Muncul Seputar Bisnis

Pertanyaan Seputar Bisnis

Ketika kita ingin memulai menjadi seorang entrepreneur, more about tak jarang banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam benak kita. Padahal pertanyaan-pertanyaan itu tidak diperlukan sama sekali. Pertanyaannya seperti ini contohnya:

  1. Sob, cost gue punya uang 10juta, site kira-kira bisnis apa ya yang cocok dengan modal segitu?
    Ini mau minta saran apa sombong karena punya uang 10juta sih? Bisnis itu bukan soal modal, bisnis itu soal kemauan. Banyak kok orang sukses dengan bisnis yang modalnya sangat kecil bahkan tanpa modal sama sekali.
  2. Gue mahasiswa, belum punya modal untuk buka usaha. Bagaimana dong?
    Coba urutkan para entrepreneur sukses, mana yang sudah kaya dari awal? mana yang tidak memulai bisnisnya dari kemiskinan? kalau lulusan SD aja bisa sukses jual bakso, masa ini mahasiswa cuman bisa minta duit doank?
  3. Bisnis yang lagi rame sekarang apa ya?
    Bisnis itu ada siklus, bisnis yang sekarang lagi rame belum tentu tahun depan masih rame. Tidak ada bisnis yang selalu rame selamanya, contohnya tahun 2011 sampai 2012 sedang demam snack pedas, namun pada 2013 sudah mulai surut. Bisnis yang baik itu adalah selalu bisa beradaptasi dengan permintaan pasar, bisnis akan mati ketika berhenti berinovasi.
  4. Gue mau buat usaha atau bisnis, tapi dilarang keluarga. Bagaimana?
    Ayolah, hidup itu soal pilihan. Terkadang orang terdekat kita adalah orang yang membunuh impian kita karena mereka terlalu sayang dan takut terjadi kegagalan pada kita. Masalahnya bagaimana kita dapat berlari kalau mencoba berdiri dan jatuh saja tidak pernah?
  5. Gue gak punya pengalaman bisnis.
    Sekarang gue balik nanya, ada kagak pengalaman yang tiba-tiba datang dengan sendirinya atau tempat yang jual pengalaman? Pengalaman itu bukan dilahirkan bro, tapi coba, coba, dan coba untuk dapat pengalaman. Dari pengalaman itu kita bisa belajar. Bukankah kita tidak akan mendapatkan pengalaman mendaki gunung jika hanya diam dirumah?

Leave a Reply