SEO Sederhana Untuk Usaha Kecil

SEO Sederhana Untuk Usaha Kecil – SearchEngineJournal.com melaporkan bahwa lebih dari 70% dari konsumen online mulai mencari produk yang mereka inginkan melalui search engine. Agar bisnis kecil Anda dapat menghasilkan penjualan, order Anda perlu merencanakan strategi agar dapat ‘muncul’ dalam hasil pencarian tersebut.

Search Engine Optimization (SEO) dapat mengeneralisasikan ribuan penjualan yang mengarah pada bisnis Anda tanpa mengeluarkan biaya. Jika dimanfaatkan dengan baik, pill SEO dapat meningkatkan peringkat Anda saat kegiatan pencarian tersebut sehingga bisnis Anda akan disuguhkan pada jumlah prospek yang lebih banyak lagi. Hal ini juga berarti meningkatkan peluang bagi Anda untuk berhadapan dengan perusahaan yang lebih besar yang mampu mengeluarkan lebih banyak biaya iklan untuk menarik konsumen yang sama. Berikut adalah 6 langkah sederhana untuk membantu Anda memulai mengoptimalkan website bisnis kecil Anda melalui SEO:

LANGKAH #1: BERHATI-HATI DALAM MEMILIH KATA KUNCI (KEYWORDS)
Pilih kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Kata kunci harus dapat menggambarkan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Anda dapat menggunakan kata kunci yang ideal dan tepat bagi produk bisnis kecil Anda, namun Anda harus mengingat kata kunci tersebut juga mungkin sulit untuk meningkatkan peringkat Anda karena persaingan yang ketat. Sebuah ide yang baik apabila Anda menggunakan kata kunci atau frase yang unik dan dicari banyak orang, namun rendah dalam persaingan. Semakin banyak Anda menemukan istilah-istilah Longtail, semakin banyak volume traffic berkualitas yang bisa Anda peroleh dari istilah tersebut.

LANGKAH #2: OPTIMALKAN KONTEN ANDA

Optimalkan konten dari website Anda secara teratur dengan berfokus pada 4 prinsip dasar di bawah ini:

  • Onsite optimization
  • Offsite optimization
  • Social media
  • Local search

Pastikan Anda memiliki kemampuan untuk memodifikasi konten website Anda secara langsung. Dengan demikian Anda dapat menambah konten yang berfokus pada kata kunci yang menjadi target Anda untuk menarik pengunjung baru pada website Anda. Juga tambahkan kata kunci utama dan kedua pada judul hompage dan meta tags dari website Anda.

LANGKAH #3: GENERALISASIKAN LINK MENUJU WEBSITE ANDA (INBOUND LINKS)

Anda dapat meningkatkan peringkat bisnis Anda dengan meminta website lain yang terpercaya untuk menampilkan informasi mengenai bisnis Anda atau dengan menulis konten sangat bagus yang membuat website lain bersedia untuk mereferensikan Anda. Anda juga dapat mendaftarkan bisnis Anda pada direktori (baik yang harus bayar maupun cuma-cuma) untuk memperoleh inbound links. Namun, pastikan website-website yang Anda hubungkan dengan website Anda memang yang relevan. Hindari praktik iklan yang mengharuskan Anda membayar pada website lain karena Google mungkin akan memasukkan website Anda dalam daftar hitam (black list) mereka dan website Anda tidak akan muncul dalam pencarian manapun.

LANGKAH #4: TANDAI JUGA KEHADIRAN BISNIS ANDA PADA WEBSITE LOKAL

Bisnis-bisnis kecil dapat memperoleh keuntungan dari website yang memunculkan daftar bisnis kecil secara cuma-cuma. Daftarkan website Anda pada Google, Yahoo dan Bing lokal. Banyak dari website dengan daftar ini juga menyediakan peta lokasi beserta kontak dan informasi dari bisnis Anda. Jenis daftar ini akan sangat membantu ketika user mencari produk yang mirip dengan produk yang Anda tawarkan.

LANGKAH #5: AKTIF DALAM SOCIAL MEDIA

Salah satu cara untuk meningkatkan SEO bagi bisnis Anda adalah dengan berinteraksi melalui social media. Ikutlah terlibat langsung dengan pelanggan melalui Twitter, Facebook, LinkedIn dan Google+. Search engine akan memberi peringkat tinggi bagi konten dalam platform social media, aktiflah di social media maka Anda akan ‘ditemukan.’ Social media memang menyenangkan, namun bisa juga sangat strategis bagi bisnis Anda bila digunakan dengan tujuan tertentu.

LANGKAH #6: EVALUASI PERINGKAT (RANKING) ANDA

Langkah yang paling penting adalah mengevaluasi strategi SEO Anda dengan mengukur search engine results pages (SERPs) Anda. Mengukur peringkat, hasil traffic, dan konversi leads. Anda mungkin menemukan bahwa ada beberapa kata kunci yang dapat menyetir traffic namun tidak konversi. Jika demikian, sebaiknya Anda fokus pada usaha yang memiliki traffic lebih rendah namun memiliki konversi kata kunci yang lebih tinggi.

Leave a Reply