Siklus Pertumbuhan Usaha

Laksita memaparkan lima siklus yang dapat Anda terapkan kepada konsumen untuk membantu pertumbuhan bisnis.

  1. Menarik seseorang menjadi pembeli baru.
  2. Jika pembeli sudah datang, mind usahakan agar dia bisa menjadi pelanggan yang dapat memberikan keunggulan-kenggulan kompetitif yang Anda miliki. Ciptakan juga keakraban dengan pelanggan.
  3. Jika pelanggan sudah datang untuk kedua kalinya, more about buat dia datang lebih sering lagi. “Hal ini bisa dibuat dengan voucher penawaran. Misalnya jika pembelian mencapai sekian, pembeli mendapat voucher yang dapat digunakan jika ia kembali lagi,” papar Laksita.
  4. Setiap belanja, buat jumlah belanjaan pelanggan bertambah lebih banyak. Salah satu caranya, promosi berupa menggandakan belanjaan pelanggan. Misalnya, beberapa produk Anda bisa dibeli dengan keuntungan membeli dua tapi bisa mendapatkan tiga barang. Bisa juga berupa diskon jika konsumen membeli lebih dari dua buah barang.
  5. Terakhir, buat teman yang sudah merasa puas dengan usaha Anda mengajak temannya. “Telah terbukti bahwa referral itu jauh lebih berpengaruh daripada iklan atau selebaran di jalan. Karena teman yang memberikan rekomendasi itu dinilai jujur dan objektif, bukan bagian dari promosi pemilik usaha,” ujar Laksita.

Leave a Reply

%d bloggers like this: